EnglishFrenchGermanSpainItalianDutchRussianPortugueseJapaneseKoreanArabicChinese Simplified
Selamat Datang di Blog Saya SANG PENGEMBARA ( Artikel - Tutorial - Ekonomi - Pendidikan )

Jumat, 12 April 2013

Kamus Istilah Ekonomi Online Terlengkap

Selamat datang dan selamat menggunakan kamus online yang berisi berbagai pengertian dari istilah ekonomi yang terlengkap. Disini Anda akan menemukan arti-arti kata dalam istilah ekonomi. Cara menggunakannya sangat mudah, tekan tombol ‘F3’ atau ‘Ctrl + F’ di keyboard dan ketik kata kunci yang ingin Anda cari. Saya juga telah mengurutkan istilah ekonomi online ini berdasarkan abjad. Dengan ini, Anda tidak perlu susah-susah membeli, meminjam, atau download kamus istilah ekonomi online karena disini sudah lengkap dan dengan rutin saya update. Jika terdapat masalah, salah pengertian, kurang lengkap, kurang jelas, atau ada istilah yang belum saya tulis disini, silakan keluhkan lewat komentar yaa :) Langsung saja kita simak yang pertama:
Istilah
Penjelasan
Analisis keseimbangan sebagian (partial equilibrium analysis)
Adalah suatu gambaran tentang hal-hal yang berlaku dalam pasar barang dan pasar faktor untuk sesuatu barang tertentu tanpa memperhatikan keadaan di pasar-pasar berbagai barang lain dalam perekonomian.
Analisis keseimbangan umum (general equilibrium analysis)
Adalah gambaran umum tentang hubungan saling mempengaruhi di antara berbagai pasar barang dan pasar faktor dari barang-barang yang terdapat dalam perekonomian. Dalam analisis ini ditunjukkan bagaimana perubahan pasaran sesuatu barang (misalnya minyak) akan mempengaruhi pasar barang lainnya (misalnya mobil, angkutan umum, dan pendapatan serta konsumsi masyarakat).
Angka indeks
Adalah suatu rangkaian angka yang ditentukan secara statistik melalui metode yang menggambarkan suatu variabel ekonomi (seperti misalnya tingkat harga) pada suatu waktu tertentu dan perubahannya dari waktu ke waktu.
Barang berbeda corak (differentiated product)
Adalah jenis barang yang sama yang ada di pasar akan tetapi penampilannya berbeda sebagai akibat reka-bentuk dan pengemasan barang yang berbeda.
Barang Esensial
Adalah barang yang sangat penting artinya dalam kehidupan setiap individu. Contohnya adalah makanan.
Barang inferior
Adalah barang yang sangat rendah mutunya dan digunakan oleh golongan miskin atau yang pendapatannya sangat rendah. Semakin kaya seseorang, semakin sedikit barang inferior yang dibeli dan dikonsumsinya.
Barang merit (merit goods)
Adalah barang yang penting artinya kepada masyarakat yang dapat diproduksikan oleh swasta dan dipungut bayaran, tetapi bayarannya mungkin terlalu mahal dan mempengaruhi kemakmuran rakyat.
Barang mewah
Adalah barang yang mahal harganya dan selalu dipamerkan pemakaiannya. Barang ini terutama dibeli oleh golongan masyarakat yang berpendapatan tinggi.
Barang mirip (close subtitute)
Adalah barang lain yang dapat menggantikan suatu barang tetapi mutu dan penampilan barangnya berbeda dengan yang digantinya.
Barang netral
Adalah barang yang bukan menjadi pengganti atau penggenap barang lain dan tidak bersaingan dengan barang lain.
Barang normal
Adalah terutama terdiri dari barang konsumsi tahan lama yang digunakan oleh para konsumen dalam kegiatannya sehari-hari. Contoh: baju, celana, dan sepatu.
Barang pelengkap
Adalah barang yang digunakan secara serentak dengan barang lain. Contohnya adalah barang pelengkap kepada kopi dan teh.
Barang pengganti
Adalah barang yang dapat menggantikan atau digantikan barang lain apabila barang penggantinya sukar diperoleh atau harganya meningkat.
Barang pribadi
Adalah barang yang dihasilkan dalam perekonomian, yang digunakan secara pribadi, dan dapat dengan mudah dijual kepada setiap konsumen.
Barang publik (public goods)
Adalah barang yang disediakan oleh alam atau dihasilkan dalam kegiatan memproduksi yang digunakan oleh semua golongan masyarakat secara bersama dan sukar memungut pembayaran.
Barang serupa (identical/homogenous product)
Adalah barang yang sejenis yang dipromosikan berbagaj perusahaan yang bentuk fisiknya tidak mudah dibedakan satu sama lain.
Barang-barang
Adalah benda-benda yang diwujudkan oleh manusia (mobil) atau disediakan oleh alam (air) yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia.
Batas kemungkinan produksi (production possibilitirs frontier)
Adalah produksi yang dapat diciptakan masyarakat pada suatu periode tertentu apabil faktor-faktor produksi sepenuhnya digunakan dan tingkat teknologi tidak berubah.
Beban pajak
Adalah bagian dari pajak penjualan yang dipungut pemerintah yang akan ditanggung oleh konsumen dan produsen,
Biaya berubah total dan rata-rata
Adalah biaya berubah total merupakan jumlah biaya yang dibelanjakan untuk memperoleh semua faktor-faktor berubah. Sedangkan biaya berubah rata-rata adalah biaya berubah total dibagi dengan jumlah produksi yang diwujudkan.
Biaya eksplisit
Adalah semua pengeluaran untuk memperoleh faktor-faktor produksi dan input lain yang dibayar melalui pasaran (pembayaran berupa uang).
Biaya kesempatan (opportunity costs)
Adalah jumlah (kuantitas) suatu barang yang harus dikurangi produksinya untuk meningkatkan produksi satu unit barang lain (dalam konteks analisis kurva kemungkinan produksi). Secara umum konsep ini berarti pilihan lain yang terbaik yang perlu dilepaskan untuk melakukan suatu kegiatan lain.
Biaya marijinal
Adalah tambahan biaya yang dibelanjakan untuk menghasilkan satu unit tambahan produksi.
Biaya marijinal faktor
Adalah biaya tambahan yang harus dikeluarkan untuk memperoleh satu unit faktor produksi yang digunakan untuk meningkatkan produksi yang digunakan untuk perusahaan.
Biaya marijinal tenaga kerja
Adalah pertambahan biaya dalam kegiatan memproduksi yang berupa pembayaran kepada seunit (seorang) pekerja baru yang digunakan. Dalam pasar tenaga kerja yang bersifat persaingan sempurna, biaya marijinal tenaga kerja adalah sama dengan tingkat upah.
Biaya pribadi (private cost)
Adalah barang yang dibelanjakan oleh sektor swasta untuk menghasilkan barang-barang yang akan dijual ke pasar.
Biaya sosial
Adalah kerugian, berupa material tetapi terutama dalam bentuk pencemaran lingkungannya, yang ditanggung masyarakat sebagai akibat operasi perusahaan menimbulkan efek buruk tersebut.
Biaya sosial (Social cost)
Adalah efek yang diperoleh masyarakat yang meliputi efek baik dan efek buruk dari keguatan menghasilkan barang-barang dan jasa-jasa yang dilakukan dalam perekonomian.
Biaya tersembunyi
Adalah nilai faktor-faktor produksi yang dimiliki pengusaha yang digunakan dalam kegiatan memproduksi. Biaya ini tidak dibayar secara eksplisit (dalam bentuk uang) tetapi perlu dipandang sebagai sebagian dari biaya.
Biaya tetap total
Adalah semua pengeluaran yang dilakukan untuk membeli faktor-faktor produksi yang tetap jumlahnya. Biaya tetap rata-rata adalah biaya tetap total yang dibagi dengan jumlah produksi yang diwujudkan.
Biaya total dan rata-rata
Adalah seluruh jumlah biaya yang meliputi biaya tetap dan biaya berubah, yang dibelanjakan perusahaan dalam periode di mana semua faktor-faktor produksi dapat diubah jumlahnya.
Diferensiasi produksi
Adalah kebijakan suatu perusahaan yang pada dasarnya mengeluarkan suatu jenis barang, tetapi kemudian dibedakan dari segi mutu, reka bentuk, kandungan bahan mentah, dan pengemasan yang berlainan.
Efek pendapatan
Adalah pengaruh atau akibat perubahan harga sesuatu barang terhadap pendapatan riil konsumen yang menggunakan barang yang mengalami perubahan harga.
Efek penggantian
Adalah perubahan cita rasa konsumen dalam mengkonsumsi sesuatu barang apabila dibandingkan dengan barang-barang lain sebagai akibat perubahan harga barang tersebut.
Efisiensi alokatif
Adalah operasi perusahaan yang mampu menciptakan keadaan di mana harga = biaya marginal, yang merupakan syarat untuk memaksimumkan kesejahteraan masyarakat. Apabila keadaan ini dicapai, perusahaan dikatakan mencapat efisiensi alokatif.
Efisiensi produktif
Adalah kegiatan firma menghasilkan suatu barang yang operasinya mencapai suatu tingkat produksi di mana tingkat harga sama dengan biaya marjinal.
Efisiensi produktif
Adalah kegiatan firma menghasilkan suatu barang yang operasinya mencapai suatu tingkat produksi di mana tingkat biaya rata-ratanya adalah yang paling minimum.
Efisiensi produktif
Perusahaan dikatakan mencapai keadaan ini apabila dapat memproduksikan barang pada ketika kurva AC mencapai titik yang paling rendah yang berarti biaya produksi adalah yang paling minimum.
Eksternaliti
Adalah efek buruk atau baik yang diwujudkan oleh kegiatan perusahaan-perusahaan atau kegiatan mengkonsumsi masyarakat terhadap lingkungan alam dan masyarakat sekelilingnya dan perekonomian secara keseluruhannya.
Elastisitas penawaran
Adalah suatu ukuran yang menggambarkan sampai di mana kuantitas yang ditawarkan akan mengalami perubahan sebagai akibat perubahan harga.
Elastisitas permintaan harga
Adalah suatu ukuran yang menggambarkan sampai di mana kuantitas yang diminta akan mengalami perubahan sebagai akibat perubahan harga.
Elastisitas permintaan pendapatan
Adalah suatu ukuran yang menggambarkan sampai di mana kuantitas yang diminta akan mengalami perubahan sebagai akibat perubahan pendapatan.
Elastisitas permintaan silang
Adalah suatu ukuran yang menggambarkan sampai di mana kuantitas yang diminta akan mengalami perubahan sebagai akibat perubahan harga barang lain.
Faktor-faktor produksi
Adalah unsur-unsur dalam kegiatan memproduksi yang terdiri dari tenaga manusia, dengan pemikirannya dan benda-benda yang diciptakan oleh alam (seperti tanah) atau oleh manusia (seperti peralatan pabrik) yang digunakan untuk menghasilkan barang dan jasa yang diperlukan masyarakat.
Firma (perusahaan)
Adalah unit produksi dalam teori ekonomi yang berfungsi menghasilkan barang yang diperlukan konsumen/pembeli.
Fluktuasi harga
Adalah keadaan naik turun harga barang yang berlaku dari sehari ke sehari atau dari satu periode ke periode lainnya.
Fungsi produksi
Konsep ini dapat didefinisikan dalam dua pengertian, yaitu: (i) hubungan di antara tingkat produksi yang dapat dicapai dengan faktor-faktor produksi yang digunakan untuk mewujudkan tingkat produksi tersebut; dan (ii) suatu kurva yang menunjukkan tingkat produksi yang dicapai dengan berbagai jumlah tenaga kerja yang digunakan.
Fungsi produksi
Adalah suatu grafik atau persamaan matematika yang menerangkan hubungan antara tingkat produksi yang dicapai dengan faktor-faktor produksi yang digunakan untuk menciptakannya.
Garis anggaran pengeluaran
Adalah suatu kurva yang berbentuk garis lurus yang menggambarkan kombinasi dua barang yang dapat dibeli oleh sejumlah tertentu pendapatan.
Garis harga-konsumsi
Adalah suatu kurva yang menggambarkan perubahan kombinasi dua barang yang akan dibeli apabila tingkat harga mengalami pertambahan.
Garis harga-pendapatan
Adalah suatu kurva yang menggambarkan perubahan kombinasi dua barang yang akan dibeli apabila pendapatan konsumen mengalami perubahan.
Gerakan sepanjang kurva penawaran
Adalah hubungan antara tingkat harga dengan kuantitas yang ditawarkan mengalami perubahan sepanjang kurva penawaran. Perubahan seperti ini berlaku sebagai akibat perubahan harga.
Gerakan sepanjang kurva permintaan
Adalah hubungan antara tingkat harga dengan kuantitas yang diminta mengalami perubahan sepanjang kurva permintaan. Perubahan seperti ini berlaku sebagai akibat perubahan harga.
Hak cipta (copy rights)
Adalah hak yang diberikan kepada pengarang atau penggubah lagu untuk secara eksklusif memproduksi dan menjual barang yang dihasilkannya, dan melarang pihak lain menjalankan hak yang sama.
Hak paten
Adalah suatu hak yang diberikan kepada perusahaan unuk secara eksklusif memproduksikan sesuatu barang yang diciptakannya dan tidak boleh diproduksikan oleh perusahaan-perusahaan lain.
Hasil penjualan marjinal
Adalah nilai tambahan pendapatan yang diperoleh perusahaan dari menjual satu unit tambahan produksinya.
Hasil penjualan produksi marjinal
Adalah nilai penjualan dari produksi tambahan yang diwujudkan oleh pertambahan satu unit faktor produksi yang dapat ditambah jumlahnya.
Hasil penjualan produksi total
Adalah nilai penjualan dari seluruh kuantitas produksi perusahaan yang diwujudkan oleh sejenis faktor produksi yang dapat diubah-ubah jumlahnya (variable factor of production).
Hasil penjualan rata-rata
Adalah pendapatan per unit barang yang diperoleh dari menjual sejumlah barang tertentu. Nilainya diperoleh dari membagi seluruh pendapatan dari penjualan dibagi dengan jumlah produksi yang dijual.
Hasil penjualan total
Adalah seluruh pendapatan yang diperoleh dari penjualan sejumlah produksi tertentu.
Hipotesis
Adalah suatu rumusan yang menyatakan sifat hubungan di antara suatu variabel ekonomi dengan satu atau beberapa variabel ekonomi lainnya.
Hukum nilai guna marijinal
Adalah suatu rumusan yang menyatakan bahwa semakin banyak sesuatu barang dikonsumsi seseorang, semakin sedikit tambahan nilai guna yang dinikmati orang tersebut.
Hukum penawaran
Adalah suatu dalil/rumusan yang menerangkan ciri hubungan antara tingkat harga dan kuantitas barang yang ditawarkan. Ciri hubungan tersebut adalah: semakin tinggi harga, semakin banyak kuantitas barang yang ditawarkan. Secara grafik hubungan ini digambarkan oleh kurva penawaran.
Hukum permintaan
Adalah suatu dalil/rumusan yang menerangkan ciri hubungan antara tingkat harga dan kuantitas barang yang diminta. Ciri hubungan tersebut adalah: semakin tinggi harga, semakin sedikit kuantitas yang diminta. Secara grafik hubungan ini digambarkan oleh kurva permintaan.
Indeks harga
Adalah angka-angka yang menggambarkan (i) tingkat harga rata-rata pada suatu periode tertentu, dan (ii) perubahan tingkat harga rata-rata dari satu periode ke periode lainnya.
Industri
Adalah gabungan semua firma yang menjalankan kegiatan menghasilkan suatu jenis barang tertentu. Semua firma tersebut merupakan keseluruhan penjual dalam pasara sesuatu barang.
Inovasi (pembaruan)
Adalah langkah perusahaan untuk melakukan perbaikan dalam operasinya (misalnye mereorganisasi perusahaan), memperbaiki mutu barang yang dihasilkannya atau menciptakan barang baru.
Investasi (penawaran modal)
Adalah pengeluaran pengusaha untuk membeli barang modal, peralatan memproduksi dan berbagai pengeluaran lain yang bertujuan untuk mewujudkan kemampuan untuk memproduksi barang dan jasa.
Isocost
Adalah suatu kurva yang menggambarkan gabungan dua faktor produksi, yang digunakan untuk menghasilkan sesuatu barang, yang memerlukan biaya yang sama.
Isoquant
Adalah suatu kurva yang menggambarkan gabungan dua faktor produksu yang berbeda yang akan menghasilkan satu tingkat produksi tertentu.
Jangka panjang
Adalah suatu periode dalam analisis kegiatan memproduksi firma-firma, yang memisalkan periode tersebut adalah cukup panjang dan memungkinkan firma-firma menambah semua faktor produksi yang diperlukan dalam operasinya.
Jangka pendek
Adalah suatu periode dalam analisis kegiatan memproduksi firma-firma, yang memisalkan bahwa dalam periode tersebut hanya satu faktor produksi saja (tenaga kerja) yang jumlahnya dapat diubah-ubah.
Jasa setelah penjualan
Adalah jasa yang diberikan oleh produsen kepada pembeli-pembeli produksinya pada ketika barang tersebut telah dijual dan digunakan oleh pembelinya.
Jasa-jasa
Adalah bebagai bentuk pelayanan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang dihasilkan oleh alam (misalnya pantai yang indah) atau dihasilkan dalam kegiatan produksi oleh faktor-faktor produksi.
Jumlah produksi fisik
Adalah jumlah produksi yang diciptakan oleh suatu faktor produksi yang dapat ditambah menurut kebutuhan. Semakin banyak kuantitas faktor produksi tersebut digunakan, semakin tinggi tingkat produksi yang dicapai.
Keahlian keusahawanan (kewirausahaan atau enterpreneurship)
Adalah kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mengorganisasi dan menggunakan faktor-faktor lain dalam kegiatan memproduksi barang dan jasa yang diperlukan masyarakat.
Kebijakan harga maksimum
Adalah kebijakan pemerintah yang menetapkan harga sesuatu barang lebih rendah dari harga yang akan ditetapkan oleh interaksi di antara permintaan dan penawaran apabila mekanisme pasar dibiarkan berfungsi.
Kebijakan harga minimum
Adalah kebijakan pemerintah yang menetapkan harga sesuatu barang lebih tinggi dari harga yang akan ditetapkan oleh interaksi di antara permintaan dan penawaran apabila mekanisme pasar dibiarkan berfungsi.
Kebutuhan masyarakat
Adalah barang dan jasa yang diciptakan dalam kegiatan memproduksi dalam suatu negara/masyarakat dan akan dibeli oleh individu-individu yang mengingininya.
Kekuasaan monopoli
Adalah kemampuan yang dimiliki oleh pengusaha untuk mempengaruhi tingkat harga penjualan barangnya, dan keinginan konsumen untuk membeli barangnya. Kekuasaan monopoli ini diperoleh dari menghasilkan barang yang berbeda dengan barang lainnya. Kekuasaan monopoli yang mutlak (absolut) diperoleh apabila perusahaan merupakan satu-satunya produsen di pasar.
Kelangkaan/kekurangan
Adalah keadaan yang tidak seimbang yang berlaku dalam setiap masyarakat yaitu keadaan di mana barang dan jasa yang dapat dihasilkan oleh faktor produksi yang tersedia adalah jauh lebih rendah daripada yang dibutuhkan masyarakat.
Kelebihan penawaran
Adalah suatu keadaan yang menggambarkan bahwa pada suatu tingkat harga tertentu, kuantitas yang ditawarkan melebihi kuantitas yang diminta.
Kelebihan permintaan
Adalah suatu keadaan yang menggambarkan bahwa pada suatu tingkat harga tertentu, kuantitas yang diminta melebihi kuantitas yang ditawarkan.
Kemajuan teknologi
Adalah perkembangan teknik memproduksi dan cara-cara memproduksi, perbaikan peralatan yang digunakan dalam proses produksi, peningkatan dalam kemahiran pekerja dan perbaikan dalam pengurusan perusahaan yang menyebabkan sejumlah faktor produksi yang sama dapat menghasilkan jumlah produksi yang lebih besar.
Keseimbangan konsumen
Adalah pencapaian kepuasan konsumen yang maksimum yang menyebabkan konsumen tidak lagi berusaha untuk menentukan gabungan barang lain yang akan digunakannya.
Keseimbangan pasaran
Adalah suatu keadaan di mana pada suatu tingkat harga tertentu keinginan pembeli untuk mendapatkan barang adalah sama dengan keinginan penjual dalam menawarkan barangnya. Kelebihan permintaan dan penawaran tidak wujud, dan oleh karenanya keseimbangan tersebut akan menentukan tingkat harga yang berlaku dan kuantitas barang yang diperjualbelikan.
Keuntungan ekonomi
Adalah pendapatan yang diperoleh pengusaha, yang meliputi kelebihan hasil penjualan setelah ditolak biaya eksplisit dan biaya tersembunyi.
Keuntungan lebih normal
Adalah operasi perusahaan yang menguntungkan, yaitu jumlah hasil penjualannya melebihi semua biaya produksinya.
Keuntungan normal
Adalah suatu keadaan dalam operasi perusahaan di mana seluruh hasil penjualan yang diperolehnya adalah sama dengan seluruh biaya yang dibelanjakannya termasuk jumlah biaya tetap dan biaya tersembunyi.
Koefisien elastisitas
Adalah suatu angka yang menunjukkan persentasi perubahan permintaan atau penawaran sebagai akibat perubahan sebesar satu persen ke atas faktor berikut: (i) harga barang yang bersangkutan, (ii) harga barang lain, dan (iii) pendapatan.
Kurva kemungkinan produksi
Adalah suatu kurva yang menggambarkan kombinasi dua barang yang dapat dihasilkan oleh sejumlah faktor-faktor produksi tertentu yang dapat diubah kombinasinya, apabila dimisalkan faktor-faktor produksi tersebut sepenuhnya digunakan dan tingkat teknologi tidak berubah.
Kurva kepuasan sama
Adalah suatu kurva yang menggambarkan gabungan kuantitas dua barang yang akan memberikan kepuasan yang sama banyaknya kepada seorang konsumen.
Kurva permintaan terpatah
Adalah kurva permintaan yang dihadapi setiap perusahaan oligopoli, yang berbentuk bengkok. Keadaan yang bengkok tersebut bermula dari tingkat harga yang berlaku. Keadaan permintaan seperti itu disebabkan karena apabila suatu perusahaan menurunkan harga, perusahaan lain akan mengikutinya. Sebagai akibatnya permintaan tidak mengalami peningkatan yang besar.
Makroekonomi
Adalah salah satu bidang studi dalam ilmu ekonomi yang melihat dan menganalisis tentang kegiatan ekonomi yang berlaku dalam negara melalui analisis yang bersifat menyeluruh (agragat).
Manfaat sosial bersih (net social benefits)
Adalah keuntungan yang diperoleh masyarakat setelah ditolak oleh keburukannya yang diakibatkan oleh operasi perusahaan-perusahaan menghasilkan barang dan jasa yang diperlukan masyarakat.
Masyarakat sekemakmuran (welfare state)
Adalah negara yang menekankan menciptakan kesejahteraan untuk semua penduduknya melalui mengenakan pajak yang tinggi kepada golongan kaya dan menggunakan pendapatan ini untuk golongan yang relatif miskin atau yang tidak bekerja seperti para pensiunan, para penganggur, dan beberapa golongan masyarakat lainnya yang pendapatannya relatif rendah.
Menstabilkan pendapatan
Adalah kebijakan pemerintah untuk menghindari agar pendapatan petani tidak mengalami naik turun yang besar dari waktu ke waktu dan agar tetap berada pada tingkat yang relatif tinggi.
Mikroekonomi
Adalah salah satu bidang studi dalam ilmu ekonomi yang melihat dan menganalisis tentang kegiatan ekonomi yang berlaku dengan cara melihat bagian-bagian kecil dari keseluruhan kegiatan dalam perekonomian.
Modal
Ditinjau sebagai salah satu dari faktor produksi, modal adalah peralatan-peralatan fisikal yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan untuk mewujudkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyararakat.
Monopoli alamiah
Adalah perusahaan monopoli yang mampu untuk terus menerus menurunkan biaya produksinya sehingga ke tingkat produksi yang sangat besar dan menyebabkan kedudukan monopolinya menjadi bertambah kukuh.
Monopoli bilateral
Adalah pasar tenaga kerja di mana perusahaan maupun pekerja (melalui serikat buruh) mempunyai kuasa monopoli.
Nilai guna
Adalah kepuasan yang diterima seseorang dari mengkonsumsi suatu barang. Konsep nilai guna dibedakan kepada nilai guna total dan nilai guna marijinal. Nilai guna total adalah jumlah kepuasan yang diperoleh dari mengkonsumsi sejumlah barang. Nilai guna total adalah jumlah kepuasan yang diperoleh dari mengkonsumsi sejumlah barang. Nilai guna marijinal adalah tambahan kepuasan yang diperoleh dari tambahan seunit barang yang dikonsumsi.
Pajak penjualan
Adalah suatu jenis pajak yang dipungut pemerintah dan dikenal sebagai pajak tak langsung yang dikenakan pada ketika suatu barang dijual.
Paradoks nilai
Adalah keanehan dalam menilai barang berdasarkan harganya dengan berdasarkan manfaatnya kepada kehidupan manusia. Harga berlian tinggi tetap menfaatnya kepada manusia rendah. Sedangkan harga air rendah tetapi manfaatnya tinggi. Paradoks ini dapat diterangkan dengan menggunakan teori nilai guna.
Pasar barang
Adalah tempat di mana perusahaan dan rumah tangga berinteraksi untuk melakukan jual beli barang yang dihasilkan dalam masyarakat.
Pasar faktor
Adalah tempat di mana perusahaan dan rumah tangga berinteraksi untuk meminta dan menawarkan faktor-faktor produksi, rumah tangga menawarkan tenaga kerja, tanah, modal, dan keahlian kewirausahaan. Perusahaan akan menggunakan faktor-faktor produksi tersebut.
Pasar tenaga kerja
Adalah tempat atau institusi di mana pengguna tenaga kerja (perusahaan) dan pemilik tenaga kerja (rumah tangga atau serikat buruh) mempunyai kuasa monopoli.
Pemerintah
Adalah badan-badan milik pemerintah yang diberi tugas untuk membuat peraturan untuk mengatur kegiatan ekonomi, melaksanakan kebijakan fiskal dan moneter dan melakukan kegiatan produktif tertentu.
Penawaran dana modal
Adalah tabungan yang disisihkan dari pendapatan yang diterima masyarakat, dan disimpan di institusi keuangan. Tabungan ini akan dipinjamkan kepada para pengusaha untuk diinvestasikan.
Penawaran pasar
Adalah jumlah sesuatu barang yang disediakan oleh semua penjual dalam pasar pada berbagai tingkat harga.
Penawaran perorangan (individu)
Adalah kuantitas sesuatu barang yang ditawarkan seseorang penjual pada berbagai tingkat harga.
Pendapatan pindahan
Adalah pembayaran yang diperoleh suatu faktor produksi terutama tanah dan tenaga kerja, yang merupakan bagian dari pendapatan yang merupakan ganjaran agar faktor produksi tersebut tidak pindah ke kegiatan yang lain.
Pengganti dekat (close substitute)
Adalah suatu barang yang tidak serupa dengan barang lain dalam penampilannya tetapi pada dasarnya kedua-dua barang tersebut terdiri dari material yang sangat bersamaan, seperti Coca-Cola dan Pepsi Cola.
Pengiklanan
Adalah kegiatan perusahaan memperkenalkan barangnya kepada masyarakat dengan dengan memberi informasi dan membujuk pelanggan melalui TV, radio, surat kabar, brosur ataupun papan advertensi.
Perdagangan barter
Adalah kegiatan perdagangan yang biasanya dilakukan dalam perekonomian subsistem yang primitif di mana perdagangan adalah dalam bentuk pertukaran barang (barter) di antara orang yang memilikinya dan orang yang memerlukannya. Uang belum digunakan sebagai alat perantara pertukaran.
Perekonomian modern
Adalah perekonomian yang sudah maju di mana kegiatan ekonomi terutama tertumpu di sektor industri dan jasa, dan menjalankan kegiatan ekonomi dengan cara yang efisien dan mencapat tingkat produktivitas yang tinggi.
Perekonomian pasar
Adalah suatu sistem ekonomi di mana kegiatan produksi dan konsumsi diatur melalui interaksi di antara penjual dan pembeli di pasar barang. Dalam sistem ini penggunaan faktor-faktor produksi juga diatur melalui interaksi perusahaan dan rumah tangga di pasar faktor-faktor produksi.
Perekonomian pasar bebas
Adalah organisasi kegiatan ekonomi suatu masyarakat/negara di mana penentuan kegiatan ekonomi sepenuhnya ditentukan oleh interaksi di antara produsen dan rumah tangga (konsumen) di pasaran. Dalam sistem ini dimisalkan tidak terdapat pemerintah atau pemerintah tidak mempengaruhi dan menjalankan kegiatan ekonomi.
Perekonomian perencanaan pusat
Adalah suatu sistem pengaturan kegiatan ekonomi di mana tanah, unit produksi dan seluruh peralatan produksi dimiliki oleh pemerintah. Dengan demikian pemerintah memegang peranan yang besar dalam menyelesaikan persoalan ekonomi yang pokok, yaitu "Apa", "Bagaimana", dan "Untuk Siapa". Hak individu untuk menjalankan kegiatan ekonomi sangat terbatas.
Perekonomian subsisten
Adalah suatu masyarakat yang primitif yang kegiatan ekonominya sangat terbatas dan setiap rumah tangga melakukan kegiatan memproduksi untuk digunakan dalam keluarganya dan tidak diperdagangkan.
Perekonomian uang
Adalah sistem ekonomi di mana tingkat spesialisasi sudah sangat tinggi, para pekerja menerima pendapatan berupa uang dan uang yang digunakan untuk melakukan jual beli barang dan jasa.
Permintaan dana modal
Adalah keinginan para pengusaha terutama yang ingin melakukan investasi, untuk meminjam tabungan yang diwujudkan dalam masyarakat dan digunakan untuk kegiatan memproduksi.
Permintaan pasar
Adalah jumlah sesuatu barang yang diminta semua pembeli dalam pasar pada berbagai tingkat harga.
Permintaan perorangan (individu)
Adalah kuantitas sesuatu barang yang ingin diperoleh seorang pembeli pada berbagai tingkat harga.
Permintaan terkait
Adalah sifat permintaan ke atas faktor produksi, yaitu permintaan bukan untuk tujuan dikonsumsi masyarakat, tetapi diminta untuk menghasilkan barang yang diperlukan masyarakat. Oleh sebab itu sifat permintaan ke atas faktor produksi ditentukan oleh sifat permintaan ke atas barang yang dihasilkannya.
Pernyataan normatif
Adalah pandangan atau analisis seseorang mengenai kegiatan dan kebijakan ekonomi yang bukan saja dibuat secara rasional tetapi juga dipengaruhi oleh "value judgement" penganalisis tersebut.
Pernyataan positif
Adalah pandangan atau analisis seseorang mengenai bentuk kegiatan yang sebenarnya berlaku dalam perekonomian.
Persaingan bukan-harga
Adalah kegiatan perusahaan-perusahaan yang berusaha menyaingi perusahaan-perusahaan lain bukan dengan menurunkan harga dan memberi diskon, tetapi dengan melalui cara-cara lain seperti iklan, jasa setelah penjualan, pengemasan barang yang lebih menarik, dan peningkatan mutu barang.
Perubahan/pergeseran kurva penawaran
Adalah perpindahan yang sejajar yang berlaku ke atas kurva penawaran. Perubahan ini disebabkan oleh faktor bukan-harga yang mempengaruhi penawaran.
Perubahan/pergeseran kurva permintaan
Adalah perpindahan yang sejajar yang berlaku ke atas kurva permintaan. Perubahan ini disebabkan oleh faktor bukan-harga yang mempengaruhi permintaan.
Perusahaan
Adalah pelaku kegiatan ekonomi yang fungsi utamanya adalah memproduksikan barang dan jasa yang diperlukan masyarakat. Golongan pengusaha akan mengembangkan perusahaan dan mereka akan menggunakan keahlian keusahawanan mereka dan faktor-faktor produksi lainnya untuk memproduksikan barang dan jasa tersebut.
Product recognation
Adalah produksi yang bermerk yang menyebabkan setiap pembeli dapat mengetahui perusahaan yang menghasilkan sesuatu barang. Keputusan untuk membeli barang bukan saja bergantung kepada harganya tetapi juga, kepada banyak faktor lain, termasuk mutu barang dan produsen yang menghasilkan barang tersebut.
Produksi marjinal
Adalah tambahan produksi yang akan berlaku apabila seunit (seorang) tenaga kerja ditambah.
Produksi rata-rata
Adalah pada suatu tingkat penggunaan tenaga kerja tertentu, produksi ini merupakan jumlah rata-rata yang diwujudkan oleh seorang pekerja. Nilainya dihitung dengan membagi produksi total dengan jumlah tenaga kerja yang digunakan.
Produksi total
Adalah jumlah produksi yang dihasilkan oleh sejumlah tenaga kerja tertentu.
Produktivitas modal
Adalah tingkat pengembalian modal yang dinyatakan sebagai persentasi tahunan dari jumlah modal yang diinvestasikan, yang menggambarkan pendapatan yang diperoleh dari dana modal yang digunakan untuk membeli peralatan dalam kegiatan memproduksi.
Produktivitas pekerja
Adalah tingkat kemampuan tenaga kerja untuk memproduksikan suatu barang pada suatu periode tertentu.
Rumah tangga
Adalah pelaku kegiatan ekonomi yang fungsi utamanya meliputi (i) menyediakan faktor-faktor produksi untuk digunakan oleh perusahaan-perusahaan, dan (ii) menggunakan pendapatan yang diperoleh (dari menyediakan faktor-faktor produksi) untuk membeli barang dan jasa yang dibutuhkannya.
Saling bergantung (mutual-interdependence)
Adalah hubungan di antara perusahaan yang saling bergantung satu sama lain di pasar sehingga kebijakan harga yang dibuat perlu selalu mempertimbangkan reaksi perusahaan lain terhadap tindakannya tersebut.
Sewa ekonomi
Adalah bagian dari pendapatan yang diperoleh suatu faktor produksi di atas bagian pendapatan yang digunakan untuk mencegah faktor produksi itu digunakan dalam suatu kegiatan lain.
Sirkulasi aliran pendapatan
Adalah suatu grafik (diagram) yang menunjukkan aliran pendapatan dan pembelanjaan yang wujud di antara pelaku-pelaku kegiatan ekonomi, dan terutama di antara perusahaan dan rumah tangga.
Skala ekonomi
Adalah faktor-faktor yang menyebabkan operasi perusahaan semakin efisien dalam jangka panjang. Faktor-faktornya yang utama adalah spesialisasi, efisiensi penggunaan input, terwujudnya produksi sampingan dan perkembangan anak perusahaan.
Skala tidak ekonomi
Adalah faktor-faktor yang menyebabkan operasi perusahaan semakin tidak efisien dalam jangka panjang. Faktor utama yang menyebabkan hal ini adalah administrasi perusahaan yang semakin birokratis yang melambatkan proses pengembalian keputusan dalam perusahaan.
Spesialisasi
Adalah ciri utama dari kegiatan perekonomian pasar yang modern di mana setiap pelaku kegiatan ekonomi menumpukan kegiatannya kepada menjalankan suatu kegiatan tertentu dan mendapatkan pendapatan dari kegiatan tersebut. Pendapatan tersebut akan digunakan untuk membeli berbagai barang kebutuhannya.
Subsidi
Adalah bantuan uang atau material (benda) yang diberikan kepada konsumen atau produsen sesuatu barang, misalnya subsidi bensin.
Suku bunga
Adalah pendapatan dari tabungan yang dilakukan masyarakat, yang dinyatakan dalam persentasi dari jumlah tabungan yang dibuat.
Surplis konsumen
Adalah kelebihan kenikmatan konsumen dalam mengkonsumsi sesuatu barang apabila dibandingkan dengan pembayaran yang perlu dilakukan untuk memperoleh barang tersebut.
Tanah
Adalah salah satu bentuk faktor produksi, yaitu benda/unsur yang digunakan untuk menghasilkan barang dan jasa yang diperlukan masyarakat. Tanah meliputi juga kekayaan alam atau benda lain yang dikandungnya. Misalnya laut dapat juga dipandang sebagai faktor produksi.
Tangan gaib (invisible hand)
Adalah istilah yang diciptakan oleh Adam Smith yang pada hakikatnya mengatakan bahwa dalam sistem pasar bebas tidak terdapat manusia atau institusi yang akan mengatur kegiatan dalam perekonomian. Kegiatan ini sepenuhnya didasarkan kepada interaksi di antara pelaku-pelaku kegiatan ekonomi di pasaran.
Tenaga buruh/kerja
Adalah bagian dari penduduk suatu negara yang dapat digunakan dengan faktor produksi lain untuk melakukan kegiatan produktif dan menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat. Di berbagai negara, yang tergolong sebagai tenaga buruh adalah penduduk yang berumur di antara 15 hingga 64 tahun.
Teori penawaran
Adalah analisis dalam ilmu ekonomi yang menerangkan faktor-faktor yang menentukan penawaran, dan bagaimana faktor-faktor ini akan menentukan keseimbangan dan perubahan keseimbangan di pasar.
Teori permintaan
Adalah analisis dalam ilmu ekonomi yang menerangkan faktor-faktor yang menentukan permintaan, dan bagaimana faktor-faktor ini mempengaruhi keseimbangan di pasar.
Tingkat elastisitas
Adalah penggolongan elastisitas kepada konsep elastisitas berikut: elastisitas (nilai elastisitas lebih besar dari satu), tidak elastis (nilai elastisitas di antara 0 dan 1), elastisitas uniter (nilai elastisitas adalah satu), tidak elastis sempurna (elastisitas adalah 0), dan elastis sempurna (elastisitas nilainya tak terhingga).
Tingkat penggantian marjinal
Adalah jumlah sesuatu barang yang perli diturunkan konsumsinya untuk memperoleh satu unit barang lain yang akan ditambah konsumsinya.
Titik impas (break-even point)
Adalah tingkat operasi perusahaan yang mencapai suatu tingkat produksi di mana biaya total sama dengan hasil penjualan total.
Titik menutup perusahaan (shutdown-point)
Adalah titik terendah dari kurva AVC. Apabila harga mencapai titik terendah ini, hasil penjualan total sama dengan biaya berubah total. Yang berarti firma tidak memperoleh kelebihan hasil penjualan dari operasinya. Dalam keadaan seperti ini lebih baiklah apabila firma menghentikan kegiatannya memproduksi barang.
Upah riil
Adalah kemampuan upah yang diterima pekerja untuk membeli barang dan jasa. Upah riil ditentukan berdasarkan kepada tingkat harga yang berlaku pada tahun dasar.
Upah uang/nominal
Adalah nilai dalam bentuk uang yang diterima pekerja sebagai imbalan dari melakukan suatu pekerjaan.
Variabel (ekonomi)
Adalah data ekonomi (misalnya harga atau kuantitas barang yang diproduksi yang dihubungkan dengan data ekonomi lainnya untuk menjelaskan atau mengetahui sifat hubungan di antara kedua data ekonomi tersebut. Setiap data ekonomi dapat digolongkan sebagai variabel apabila data itu dihubungkan dengan data ekonomi lainnya untuk menerangkan sifat hubungannya.

Silakan bantu kami dengan memperbaiki atau menambah istilah yang ada karena artikel ini akan selalu kami update.

0 komentar:

Posting Komentar